Selasa, 23 Februari 2016

4 Teknologi Terbaru di Berbagai Bidang









                Rasanya kalau membicarakan tentang teknologi tidak ada habisnya. Ya, memang di tahun-tahun terakhir ini teknologi di berbagai bidang memang berkembang sangat pesat. Hampir semua orang berlomba-lomba menggunakan teknologi untuk mempermudah pekerjaannya. Untuk hal baik seperti di bidang kesehatan, sektor rumah tangga, sector pendidikan, bahkan untuk yang mengakibatkan pertumpahan darah yaitu di bidang militer. Dari sekian banyak teknologi yang ada maupun yang sedang dikembangkan, disini saya akan berbagi ilmu kepada teman-teman semua tentang beberapa teknologi. Mungkin beberapa hal berikut membuat kita tercengang dan bertanya “kok bisa ya ?”. Beberapa waktu kedepan, dipastikan teknologi hampir ada di sekitar kita. Berikut beberapa teknologi yang ada di dunia dikutip dari beberapa sumber…

1.  Internet of Things           
               
                Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan' IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif.

                Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.Dan kini IoT menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.


    2.  Printer 3D
               
                Printer 3D adalah salah satu teknologi terbaru di dunia percetakan, dimana teknologi pertcetakan 3 dimensi ini akan menjadi salah satu tren teknologi di masa depan. Printer 3D adalah alat cetak dalam bentuk 3 dimensi (juga dikenal sebagai prototipe cepat atau stereolithography) di mana sebuah objek tiga dimensi dibuat dengan meletakkan lapisan berturut-turut beberapa bahan.




                Teknologi printer 3 Dimensi akan menghasilkan benda padat, dan bukan seperti mencetak selembar 2D seperti printer yang sudah biasa Anda gunakan. Printer 3D ini akan melengkapi teknologi printer 2D yang sudah lama kita gunakan sebagai alat cetak yang outputnya berupa lembaran dua dimensi. 3D printer ini bisa mencetak, modelling, prototipe /pemodelan, alat-alat peraga untuk pendidikan khususnya Lab, model perhiasan, desain produk, mainan anak-anak dan berbagai kebutuhan untuk mencetak bentuk dalam 3 dimensi. Mengingatkan kita pada film Mission Impossible ya, hahaha.


3.       3. Perangkat Modular

                Sistem modular berarti model yang bisa digunakan untuk satu komponen yang sama. Di tahun 2015 ini, sudah ada produsen yang mengembangkan perangkat dengan sistem modular, tetapi masih kurang maksimal. Padahal, gadget modular memungkinkan Anda menyesuaikan sesuai kebutuhan, prioritas, bisa menghemat uang, dan bisa mengikuti trend. Anda bisa mengganti camera ponsel anda, ram, baterai, maupun prosesor sehingga memudahkan dalam mengikuti zaman.




                Yang paling terkenal saat ini adalah proyek Ara yang didukung oleh Google. Ketika Google meluncurkan projek Ara tersebut, Anda bisa membeli ponsel dasar yang komponennya bisa Anda upgrade, misalnya komponen kamera dan prosesor. Perusahaan Fairphone juga memproduksi smartphone modular yang komponennya bisa diganti-ganti untuk menghasilkan smartphone masa kini. Untuk PC, Acer Revo juga membuat PC Windows 10 yang komponen internalnya bisa disesuaikan.




                Di tahun 2016 ini, kita bisa melihat LG yang menerapkan sistem modular pada perangkatnya, yaitu LG G5. Pada LG G5, kita bisa mengganti baterai secara instan tanpa perlu membuka penutup casing sehingga lebih cepat. Kita juga bisa menambahkan beberapa tombol dengan cara mengganti slot tersebut. Suatu hal yang tidak disangka-sangka sebelumnya.


   4 Senjata Laser


                Angkatan Laut AS telah mengembangkan Laser Weapon System (LaWS) sejak 2007 silam. Senjata berdaya 30 kilowatt tersebut menggunakan laser padat (solid-state) untuk menyerang target. Meski tak bisa menyerang sasaran dari jarak jauh, senjata ini efektif menyasar benda kecil yang terbang pada jarak pendek dan menengah. LaWS juga dapat membutakan sistem pengawasan optik dan kapal tanpa awak.


                AS tidak merilis informasi terkait jumlah tembakan yang dapat dilontarkan oleh sistem laser ini. Namun yang jelas, belum ada sumber energi yang bisa diandalkan untuk membuat sistem ini dapat digunakan dalam waktu lama, sehingga tak ada alasan untuk mengganti senjata rudal antipesawat dengan meriam laser.


                Ya, memang pesat sekali perkembangan teknologi yang dibuat maupun dikembangkan oleh ilmuwan dan penemu-penemu yang ada di dunia, kita harus bangga sekaligus bijak dalam menggunakannya, jangan sampai membuat kita terlena. Oke sekian saja artikel ini, lain kali saya akan share lagi sekaligus berbagi ilmu. Mumpung habis beli kuota, hehehe. Selamat malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar